Senin, 31 Oktober 2011

0

Ilmu Bahan

  • Senin, 31 Oktober 2011
  • Kang Mini
  • Share
  • Mata Kuliah                : Ilmu Bahan 2
    Jurusan                        : Teknka 3

    1.      Terangkan cara penyambungan di sertai contohnya :
    a.      Riveting
    b.      Self Secured Joint
    c.       Pematrian
    Diikat dan disatukan dengan menggunakan paduan logam yang mempunyai titik cair rendah. Dalam cara ini logam induk tidak ikut mencair.
    d.      Pengelasan
    adalah salah salah satu teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang continue.

    2.      Terangkan kecelakaan karena cahaya dan sinar pada proses pengelasan disertai cara pencegahannya!

    Jawab:
    Ø  Kecelakaan karena cahaya dan sinar pada proses pengelasan
    a.Cahaya Tampak  :
    Benda kerja dan kawat elektroda yang mencair pada saat pengelasan mengeluarkan cahaya tampak. Semua cahaya tampak yang masuk ke mata akan diterusksn oleh lensa dankornea mata ke retina mata. Bila cahaya ini terlalu kuat, maka mata akan segera menjadi lelah dan kalau terlalu lama mungkin menjadi sakit, walaupun rasa lelah dan sakit pada mata tersebut sifatnya hanya sementara.

    b.Sinar Infra Merah  :
    Sinar infra merah berasal dari busur listrik. Adanya sinar infra merah tidak segera terasa oleh mata, karena itu sinar ini lebih berbahaya, sebab tidak diketahui, tidak terlihat. Akibat dari sinar infra merah terhadap mata sama dengan pengaruh panas, yaitu akanterjadi pembengkakan pada kelopak mata, terjadinya penyakit kornea dan kerabunan. Jadi jelas akibat sinar infra merah jauh lebih berbahaya dari pada cahaya tampak. Sinar infra merah selain berbahaya pada mata juga dapat menyebabkan terbakar pada kulit berulang-ulang (mula-mula merah kemudian memar dan selanjutnya terkelupas yang sangat ringan).

    c. Sinar Ultra Violet
    Sinar ultra violet sebenarnya adalah pancaran yang mudah terserap, tetapi sinar inimempunyai pengaruh yang besar terhadap reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh.Bila sinar ultra violet yang terserap oleh lensa melebihi jumlah tertentu , maka padamata terasa seakan-akan ada benda asing didalamnya dalam waktu antara 6 sampai

    Ø  Cara pencegahannya!
    a.      Memakai pelindung mata dan muka ketika mengelas, yaitu kedok atau helm las.
    b.      Buatlah batas atau pelindung daerah pengelasan agar orang lain tidak terganggu (menggunakan kamar las yang tertutup, menggunakan tabir penghalang. Kedok las dan helm las dilengkapi dengan kaca penyaring (filter) untuk menghilangkan dan menyaring sinar infra merah dan ultra violet . Filter dilapisi oleh kaca bening atau kaca plastik yang ditempatkan disebelah luar dan dalam, fungsinya untuk melindungi filter dari percikan-percikan las.

    3.      Mengapa hasil pengelasan harus diadakan pengujian dan pemeriksaan? Apa fungsi dan siapa saja yang berkepentingan dengan hasil pengujian dan pemeriksaan tersebut!
    Jawab:

    Tujuan dilakukannya pengujian adalah untuk menentukan kualitas
    produk-produk atau spesimen-spesimen tertentu, sedangkan tujuan pemeriksaan adalah untuk menentukan apakah hasil pengujian itu relatif dapat diterima menurut standar-standar kualitas tertentu atau tidak dengan kata lain tujuan pengujian dan pemeriksaan adalah untuk menjamin kualitas dan memberikan kepercayaan terhadap konstruksi yang dilas.

    fungsi dan siapa saja yang berkepentingan dengan hasil pengujian dan pemeriksaan tersebut
    ·         Bagi pembuat
    ·         Bagi pemakai
    ·         Bagi pihak k-3

    4.      Terangkan Proses:
    a.      Karbonasi
    b.      Nitrasi
    c.       Hardening
    d.      Tempering
    Jawab :
    a.      Karbonasi
    Adalah memanaskan bahan  sampai 900-950  C dalam lingkungan yang menyerahkan karbon, lalu dibiarkan beberapa waktu lamanya pada suhu tersebut dan kemudian didinginkan.
    b.      Nitrasi
    Adalah suatu proses pengerasan permukaan yaitu baja, dipanaskan untuk waktu yang lama dengan pendinginan tiba-tiba dalam minyak diikuti dengan penyempuhan pada suhu 550-750  C
    c.       Hardening
    Proses pemanasan baja sampai suhu didaerah atau diatas daerah kritis disusul pendinginan yang cepat.
    d.      Tempering
    Baja yang telah dikeraskan bersifat rapuh dad tidak cocok untuk digunakan. Melalui tempering pada suhu 180-650 C, kekerasan dan kerapuhan,dapat diturunkan sampai memenuhi persyaratan penggunaan. Kekerasan turun, kekeuatan tarik akan turun sedang keuletan dan ketangguhan baja meningkat proses pendinginannya dengan udara bebas.


    5.      Sebutkan macam media pendinginan dan terangkan masing-masing  media tersebut!
    Jawab :
    a.      Air
    Pendinginan sangat cepat, untuk memperbesar daya pendinginan biasanya dilaruti garam dapur 5-10%
    b.      Minyak
    Pendinginan cepat, khusus untuk minyak-minyak tertentu
    c.       Udara
    Pendinginan pelan-pelan, untuk itu diadakan sirkulasi
    d.      Garam
    Pendinginan sangat merata, untuk ini dapat dilakukan sirkulasi

    0 Responses to “Ilmu Bahan”

    Posting Komentar

    Subscribe