Minggu, 15 April 2012

0

Dinas Jaga

  • Minggu, 15 April 2012
  • Kang Mini
  • Share

  • Bila ada kerusakan mesin kemudi, tindakkan yang haruus dilakukan adalah Memberitahu kepada  nakhoda seperti, perwira tugas jaga juga tidak boleh ragu untuk mengambil tindakan secepatnya demi keselamatan kapal jika situasi memang mengharuskan.

    running up/full away.
    1.menjalankan kedua diesel engine generator
    2.menjalankan ketel uap.
    3.menjalankan sirkulasi air laut pendingin ( sea water).
    4.menjalankan sirkulasi air tawar pendingin cylinder (jaket cooling fresh water)
    5.memeriksa jumlah bahan bakar di tiap2 tanki
    6.menjalankan sirkulasi pelumasan stren tube.

    Persiapan Hot Work Premit
    v Kerja dan peralatan harus direlokasi luar daerah berbahaya
    v Menyiapkan alat pemadam kebakaran yang cocok untuk memadamkan api. 
    v Menetapkan personil tambahan (pengamat kebakaran) untuk menjaga api sementara pekerjaan panas sedang dilakukan. Pengamat api diperlukan setiap kali pengelasan atau pemotongan dilakukan di lokasi di mana apa pun lebih besar dari kebakaran kecil mungkin berkembang.
    v Gunakan flammable gas detector untuk mengidentifikasi keberadaan gas atau uap mudah terbakar disekitar area kerja.

    Meninggalkan Kapal (Abandon Ship)
    Adalah suatu perintah nahkoda yang diambil bila mana keadaan darurat yang terjadi di atas kapal seperti : Terbakar, Bocor, tidak dapat diatasi dan mengancam keselamatan jiwa di atas hapal.


    Kepala Kamar Mesin (Chief Engineer)
    •   Sebagai Kepala Departemen Mesin diatas Kapal bertanggung­jawab kepada Nakhoda dan Perusahaan atas keamanan, ketepat-gunaan dan ekonomisnya pekerjaan Perawatan dan Perbaikan Mesin.
    •   KKM bertanggungjawab atas administrasi bagian mesin dan membuat pelaporan bulanan (Abstract Log dan Engine Log) atas seluruh kegiatan Engine Departmentkepada Manajer Armada / Perusahaan, atas persetujuan Nakhoda.
    •   KKM. menyelenggarakan pengoperasian, pemeliharaan, perbaikan pada semua mesin, perlengkapan listrik termasuk pompa muatan. Pengawasan ketat terhadap semua kegiatan di kamar mesin, baik yang dilakukan oleh personil bagian mesin maupun dari pihak ketiga. Melakukan inspeksi ke kamar mesin untuk memastikan pengoperasian mesin-mesin dan melihat personil bagian mesin apakah telah mengoperasikan mesin dengan benar sesuai kecakapan pelaut bagian jnesin.
    •   KKM. harus membuat rencana kerja di kamar mesin atas pemeliharaan dan perbaikan serta bertanggung-jawab atas tersedianya suku cadang yang cukup diatas kapal, dengan melakukan permintaari dan penghematan suku cadang untuk mesin dan pesawat di kapal.

    Masinis II (Second Engineer).
    •   Melaksanakan perawatan dan perbaikan Motor Penggerak Utama / Mesin Induk (Main Engine),mesin/pesawat penting lainnya, semua perlengkapannya dan perawatan suku-cadang dibantu oleh personil harian
    •   Sebagai Perwira keselamatan (Safety Officer) bersama Mualim I (Chief Officer), bertanggung-jawab dalam pencegahan kecelakaan,
    •   Melakukan tugas-tugas pekerjaan sesuai jadwal dan pemeliharaan terencana
    (PMS) dan melakukan pengawasan terhadap semua pekerjaan yang berkaitan dengan tugas-tugas kamar mesin dan personil yang melakukan pekerjaan tersebut.

    Masinis III (Third Engineer).
    •   Bertanggung-jawab kepada Chief Engineer dan membantu Masinis II sesuai pembagian tugasnya (Job descreption).
    •   Melaksanakan perawatan Diesel Generator Set, Main Air Compressor dan pesawat-pesawat bantu yang berhubungandengan bahan-bakar / lube oil dan termasuk perav/atan suku-cadangnya.
    •   Melaksanakan tugas-jaga Jam 00.00-04.00 dan 12.00-16.00secara teratur.di Engine Room, pada saat kapal berlayar ataupun sedang berlabuh.
    •   Melaksanakan perawatan dan perbaikan terencana (PMS) bersama pekerja harian, pada saat kapal sedang berlabuh jankar atau di pelabuhan.

    Masinis IV (Forth Engineer)
    ·        Melaksanakan perawatan Ketel Uap (Steam Boiler), SteamWinch, Steam Turbine, Steam Duplex/Simplex, semua pesawat yang digerakkari dengan Uap (Steam) dan termasuk perawatan suku-cadangnya.
    •   Melaksanakan tugas-jaga Jam 04.00-08.00 dan 16.00-20.00secara teratur.di Engine Room, pada saat kapal berlayar ataupun sedang berlabuh.
    •   

    Masinis V (Fith Engineer)
    •   Melaksanakan perawatan semua Pompa-pompa, dan termasuk perawatan suku-cadangnya.
    •   Melaksanakan tugas-jaga Jam 08.00-12.00 dan 20.00-24.00 secara teratur.di Engine Room, pada saat kapal berlayar ataupun sedang berlabuh.
    •  
    Ahli Listrik (Electricen)
    •   Melaksanakan perawatan semua Instalasi listrik, Main switch Board, Switch Box, Electro Motor, Automatisasi dan Penerangan Listrik. melaksanakan perawatan Sisitim Air Condition dan Sistim Mesin Pendingin Permakanan dan semua suku-cadang Listrik.


    PERSIAPAN OHN (one hour notice) PADA SAAT KAPAL MAU BERANGKAT MENINGGALKAN PELABUHAN:
    1. menjalankan generator sekaligus parallel dengan generator yang lain untuk menambah daya listrik.
    2. periksa tanki BBM, expansi air tawa pendingin, tambah bila kurang.
    3. periksa tekanan udara start bertekanan 30kg/cm2, isi bila kurang.
    4. periksa jumlah kondisi minyak lumas dalam LO sump tank, tambah bila kurang.
    5. jalankan pompa minyak lumas untuk priming.
    6. jalankan turning gear lebih kurang 30 menit .
    7. laukukan blow off dengan udar start.
    8. tutup kran indicator.
    9. bila memungkinkan, coba mesin maju mundur dengan koordinasi sama mulaim jaga.
    10. bila semua sudah siap dan tidak ada masalah siapkan telegraph posisi standby engine.

    PERSIAPKAN OHN PADA SAAT KAPAL TIBA:
    1. siapkan formulir check list sebelum tiba.
    2. jalankan generator sekaligus paraleldengan generator yang lain untuk menambah daya.
    3. periksa tekanan udaraa start dalam botol angin.
    4. selanjutnya menunggu perintah dari anjungan.
    5. setelah olah gerak selesai masinis jaga tidak segera meninggalkan kamar mesin.
    6. buka kran indicator untuk blow up ME.
    7. turning gear selama lebih kurang 30 menit.
    8. matikan pompa yang tidak di perlukan.

    0 Responses to “Dinas Jaga”

    Posting Komentar

    Subscribe